Penyebab Gagal Ginjal Akut

Acute Kidney Injury (AKI) atau gagal ginjal akut dapat mengenai siapa saja. Penyakit ini dapat menyerang pada usia berapapun, termasuk anak-anak, lansia, dan manusia usia produktif. 

Penyebab AKI dapat bermacam-macam ada yang muncul tiba-tiba, ada pula yang disebabkan karena sakit lama. Bila diuraikan penyebab AKI dapat dibagi menjadi ktiga mekanisme, yaitu gagal ginjal prerenal, gagal ginjal intrinsik, dan gagal ginjal potensial.

1. Gagal ginjal perernal
Yang dimaksud dengan perenal adalah sebelum dan renal adalah ginjal. Ini berarti  penyebabnya berasal dari luar ginjal, akibat berkurangnya volume darah yang masuk ke dalam ginjal. Gagal ginjal prerenal merupakan penyebab AKI yang paling sering dan dapat berkembang menjadi AKI intrinsik jika tidak segera diperbaiki. Volume darah ke ginjal dapat berkurang akibat berbagai sebab, misalnya :

  • Diare dan muntah-muntah berat yang menyebabkan cairan tubuh berkuarng cepat. Inilah sebabnya penderita diare harus selalu diberikan obat oralit, dan jika masih terjadi dehidrasi ia harus segera di infus.
  • Pengeluaran cairan terus menerus melalui ginjal
  • Penguapan cairan dari luka bakar luas. Pasien luka bakar terutama yang luas harus segera di bawa kerumah sakit untuk pemberian cairan cairan melalui infus, karena cairan tubuh dapat menguap dari luka.
  • Pendarahan dalam ataupun luar, misalnya pada saat operasi besar. Pasien yang mengalami pendarahan hebat, harus segera mendapat tranfusi darah, apalagi jika ia sedang menjalami operasi besar. Biasanya hal ini telah diperkirakan oleh dokter yang menangani.
  • Menurunnya aliran darah ke ginjal pada pasien gagal jantung atau syok, misalnya akibat reaksi alergi anafilaksis, atau infeksi berat diseluruh tubuh. Reaksi alergi dapat menurunkan tekanan darah secara tiba-tiba, sehingga aliran darah ke ginjal menurun drastis. Demikian pula pada infeksi yang berat, kuman dapat melepaskan racun yang mempengaruhi jantung dan pembuluh darah. Infeksi berat ini sering dialami oleh mereka yang dirawat di ICU.

Selain penyebab diatas, ada pula beberapa obat yang dapat mencetuskan terjadinya AKI prerenal pada saat volume darah sedang dalam kondisi kurang baik. Diantaranya adalah obat antihipertensi golongan angiotensin-converting enzyme inhibitor (ACEI) dan angiotensin receptor blocker (ARB), obat anti peradangan, dll.

gagalginjal2. Gagal ginjal intrinsik
Merupakan AKI yang disebabkan karena adanya penyakit didalam ginjal itu sendiri. Ini dapat disebabkan oleh :

  • Gangguan pada pembuluh darah ginjal, misalnya akibat sumbatan atau kerusakan pembuluh darah ginjal. Kerusakan juga dapat terjadi akibat diabetes, hipertensi, dll.
  • Hipertensi yang sangat tinggi.
  • Reaksi penonjolan pada transplantasi ginjal. Tubuh berusaha menyingkirkan ginjal yang di dapat dari donor karena dianggap benda asing.
  • Kerusakan glomerulus atau penyaring pada ginjal, kerusakan saluran ginjal (tubulus), dan kerusakan jaringan antar sel di ginjal. Penyebabnya antara lain infeksi, obat-obatan yang bersifat toksik atau merusak ginjal, kristal, atau batu ginjal, tumor atau kanker pada ginjal dan penyakit lain yang juga menyerang ginjal. Penggunaan obat-obatan harus disertai konsultasi dengan dokter, apalagi jika digunakan dalam jangka panjang. Jika ditemui adanya kristal atau batu pada ginjal harus segera diobati untuk mencegah kerusakan ginjal lebih lanjut.

3. Gagal ginjal posternal
Merupakan AKI yang terjadi akibat gangguan pada saluran kemih setelah ginjal. yaitu piala ginjal, ureter, kandung kemih, atau uretra (saluran keluar kencing). AKI dapat terjadi jika penyumbatan pada saluran-saluran ini. Jika sumbatan hanya terjadi pada satu sisi, maka mungkin kadar kretainin darah tidak banyak berubah. Meski demikian darah yang disaring oleh ginjal tetap berkurang.

Penyebab sumbatan antara lain batu, penyempitan atau striktur saluran kencing (biasanya akibat infeksi  sebelumnya), tumor, dan pembesaran prostat. Dan jika sumbatan bersifat total, maka tidak ada urin yang dapat keluar.

Harga XAMthone Plus

Obat Gagal Ginjal Tradisional

Harga 1 Botol XAMthone Plus isi 350mL = Rp.265.000,-

Cara Beli XAMthone Plus:

KETIK SMS: Pesan XAMThone Plus, Jumlah Botol, Nama dan Alamat Kirim Anda ( Untuk menentukan Ongkos Kirim Anda )

KIRIM SMS KE: 0852-1617-3280


=====================================

>>> Xamthone Plus Membantu Pengobatan Penyakit Ginjal, Lihat Testimoni Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Gagal Ginjal and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.