Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Penyebab penyakit gagal ginjal dapat terjadi karena banyak sebab yang berkembang tanpa kita sadari. Awalnya bisa jadi dari sebab yang sepele, misalnya kurang minum ata gaya hidup tidak banyak bergerak, pol makan tinggi lemak da karbohidrat, dan lingkungan yang buruk. Semua itu mengakibatkan terjadinya ggguan metabolisme yang berujung pada penyakit degenerative. Gangguan ginjal tersebut bisa merupakan serangkaian kejadian yang dapat terjadi sendiri-sendiri, maupun yang berkembang secara berantai dari infeksi saluran kemih menjadi infeksi kandung kemih, ke infeksi ginjal, batu ginjal, kanker ginjal, dan berujung pada gagal ginjal.

Gejala awal dari penyebab penyakit gagal ginjal sangat umum dan menyerupai gejala penyakit lain, sehingga sering terabaikan dan tidak diwaspadai. Penyebabnya mungkin radang ginjal menahun, batu ginjal, batu saluran kemih  yang kurang mendapat perhatian, pbat-obatan modern ataupun tradisional yang dimakan dalam jangka panjang, hipertensu, diabetes, narkoba, atau penyakit ginjal genetic.

Salah satu penyebab penyakit gagal ginjal adalah gaya hidup tidak banyak bergerak (sedentary, low physical activity), ditambah dengan pola makan buruk yang tinggi lemak dan karbohidrat (fast food) yang tidak diimbangi serat (sayuran dan buah) dalam jumlah cukup, membuat menumpuknya lemak dengan gejala kelebihan berat badan (obesitas), terutama di bagian perut (buncit). Selain itu, gangguan metabolisme lemak menyebabkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida meningkat dan sebaliknya kolesterol baik justru menurun. Bila hal itu terjadi, dalam jangka panjang di lapisan dalam pembuluh darah secara bertahap sejak usia muda, akan terjadi tumpukan lemak yang semakin banyak dan membuat darah sulit mengalir, sehingga menyebabkan tekanan tinggi pada pembuluh daraha jtnung (kardiovaskular).

Ginjal termasuk dari sirkulasi darah untuk menjalankan fungsuinya sebagai pembersih darah darin sampah tubuh. Bila terjadi gangguan pada sirkulasi darah akibat penyempitan pada pembuluh darah (kolesterol. Lemak, diabetes) sehingga tekanan darah menjadi berlebihan  (hipertensi) yang berlangsung dalam jangka panjang (kronis), maka mengakibatkan kerusakan pada ginjal dan fungsinya akan menurun. Ini merupakan salah satu penyebab penyakit gagal ginjal. Begitu pula adanya batu gnjal dan pembengkakan pada pembuluh darah akibat radang atau infeksi, menimbulkan sumbatan yang membuat ginjal harus bekerja lebih keras. Sumbatan tersebut akan mengganggu kerja ginjal, karena penyaringan racun dan sisa metabolisme dilakukan emlalui system vaskuler atau kumpulan pembuluh darah yang sangat halus di ginjal sangat rawan tersumbat.

Dalam penilaian pasien gagal ginjal penting untuk mencoba menetapkan kemungkinan penyebab, durasi, dan apakah yang telah terjadi komplikasi dan membahayakan hiwa, seperti edema paru. Gagal ginjal bisatditemukan secara kebetulan bila fungsi ginjal dinilai dengan pengukuran ureum atauu kreatinin, adanya hipertensi atau gejala gagal ginjal. Manisfestasi gagal ginjal akut yang dramatis bisa timbul sebagai asidosis berat, edema paru, dan ensefalopati.

 


=====================================

>>> Xamthone Plus Membantu Pengobatan Penyakit Ginjal, Lihat Testimoni Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Gagal Ginjal and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>